Memilih Air Conditioning Terbaik Untuk Kamar Tidur

Memilih AC untuk penyejuk ruangan, membutuhkan kejelian, sebab kita harus memperhatikan unsur-unsur yang kamu butuhkan agar mendapatkan AC yang berkualitas berkualitas.

Sebelum memutuskan untuk membeli AC, ada baiknya untuk menyimak lima tips memilih AC terbaik, khususnya untuk kamar tidur.

1. Cari yang hemat listrik

AC yang harganya ramah di kantong, belum tentu pemakaian energi yang dipakai juga ramah di tagihan listrik. Kalau kamu kebingungan mau pilih yang mana, pastikan ada fitur inventer yang telah digunakan produsen AC. Fitur ini memiliki kelebihan, yakni hanya memerlukan waktu lebih singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.  Tarikan pertama listrik di AC inventer cukup 1/3 lebih rendah dibandingkan AC biasa. Bahkan diklaim AC ini hanya menggunakan sekitar 30 persen dari sumber daya jadi lebih kecil.

2. Periksa aspek kesehatan

Dari serangkaian uji coba yang telah dilakukan di ruangan seluas 320 meter persegi , dengan kelembaban rata-rata 80 persen. Hasilnya adalah ion negatif dan positif di plasmacluster mampu memberantas bakteri serta jamur dalam waktu enam jam. Kesehatan kamu beserta keluarga tentunya bisa lebih terjaga lewat AC yang berteknologi canggih ini.

3. Sesuaikan dengan luas ruangan

Mungkin diantara kamu masih ada yang berpikir bahwa AC dengan ½ PK itu cocok untuk ruangan berukuran kecil. Sebaliknya, ruangan yang besar memerlukan AC dengan kapasitas 2 PK. Padahal nyatanya, ada rumus untuk menentukan luas ruangan dan unit AC yang dibutuhkan.

Cara menghitungnya, kamu perlu ketahui terlebih dahulu bahwa PK (Paard Kracht/Daya Kuda) adalah tingkat satuan kapasitas pendinginan pada AC. Ada pula istilah BTU (British Thermal Unit) untuk menerangkan ukuran kemampuan pendinginan.

Setiap AC dengan PK berbeda akan memiliki nilai BTU yang berbeda. Jadi satuan yang dipakai, ambil contoh saja AC ½ PK = ±5.000 BTU/h, AC ¾ = ±7.000 BTU/h, dan seterusnya.

Rumusnya, misal luas ruangan 3×3 meter, perhitungannya adalah 3×3 x 500 BTU = 4.500 BTU. Jadi kapasitas AC yang diperlukan 0,5 PK. Kalau luas ruangan 5×4 dan dihasilkan jumlah 10.000 BTU, maka AC yang dibutuhkan 1 PK.

4. Perhatikan tata letak pemasangan

Menentukan letak posisi AC sangat penting, jangan pasang di depan , pintu karena udara akan lebih mudah keluar ke ruangan lain. Jangan pula terkena tubuh secara langsung karena berbahaya bagi kesehatan.

Disamping itu, jangan dipasang terlalu rapat ke atas plafon supaya udara yang keluar bisa maksimal. Jarak yang disarankan dengan plafon minimal 15 cm, samping kanan, kiri, dan belakang minimal 15 cm, dan dengan lantai minimal 250 cm.

AC juga tidak baik bila diletakkan di dekat-dekat alat elektronik lainnya yang mengeluarkan panas, seperti TV, home theater, kompor, dan lainnya karena akan mengganggu kinerja AC

5. Rutin maintenance

Supaya AC tahan lama, hendaknya kamu perlu lakukan servis AC secara berkala setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Kamu bisa secara mandiri membersihkan filter AC setiap sebulan sekali. Kemudian bisa menyerahkan ke pihak profesional untuk penanganan yang sifatnya lebih kompleks. Dengan rutin servis, maka umur AC kamu bisa lebih panjang dari kebanyakan AC pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik disini