Mengenal Pemanas Air Tenaga Surya

Awalnya, pemanas air hanya dipakai di Negara yang beriklim dingin. Namun, seiring berkembangnya zaman, pemanas aii terutama merk WIKA juga digunakakan di Negara tropis semacam Indonesia.

Ada 3 jenis pemanas air yang ada saat ini yaitu Water Heater Listrik, Water Heater Gas dan Solar Water Heater. Di Indonesia sendiri yang paling banyak digunakan adalah #SolarWaterHeater karena kaya akan sinar matahari yang merupakan sumber daya pemanas air.

Wika Solar Water Heater mempunya cara kerja yang berbeda dengan jenis water heater yang lain. Solar Water Heater menggunakan daya matahari dan menggunakan prinsip penyerapan tenaga matahari untuk menghasilkan air panas. Adanya lempengan besi pada alat water heater fungsinya adalah untuk menyerap energy sinar matahari sepanjang hari. Energy inilah yang nantinya di olah hingga air pada tangkimenjadi panas dan dapat disalurkan melalui pipa pipa panel.

1. Komponen Pemanas Air Tenaga Surya

Adapun komponen utama alat ini ada dua macam, yaitu sebagai berikut:

Kolekteor penyerap panas : Adalah suatu area khusus yang digunakan sebagai media untuk menyerap energi matahari. Komponen ini harus memiliki sensitifitas yang tinggi dalam menyerap panas, dan juga terisolasi dengan sangat baik, sehingga dapat senantiasa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya.

Tangki penyimpanan : Adalah tempat yang digunakan untuk menampung air yang sudah dipanaskan oleh kolektor penyerap panas. Seperti halnya pada termos yang kita gunakan untuk menyimpan air panas, agar panas tidak mudah hilang maka komponen ini harus dilapisi dengan lapisan isolasi terbaik.

2. Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari

Pemanas air berbahan panas matahari ini sudah digunakan luas. Yang paling sederhana digunakan untuk fasilitas air panas di rumah. Misalnya untuk air mandi, air cuci pakaian dan air cuci piring yang akan lebih mudah apabila digunakan untuk menghilangkan noda berlemak.

Selain untuk memenuhi kebutuhan air panas di keluarga, sekarang keperluan air panas dapat terpenuhi juga dengan memasang pemanas air tenaga matahari di beberapa tempat. Misalnya di tempat usaha, seperti fitness centre, kolam renang, atau perkantoran.

3. Cara Memelihara Pemanas Air Matahari

Pada prinsipnya barang elektornik yang diperiksa secara berkala akan lebih awet. Biasanya agen tempat Anda membeli pemanas ini akan mengadakan pemeriksaan rutin sesuai dengan persetujuan Anda.

Satu sampai dua bulan sekali pastikan teknisi memeriksa apakah ada kerusakan fisik, dan debu pada unit pemanas air tenaga matahari. Periksa pula koneksi pipa kalau-kalau ada kebocoran. Ada yang namanya Air Vent, yaitu ventilasi sebagai tempat keluarnya uap panas jika suhu di dalam tangki berlebih.

Enam bulan sampai setahun sekali periksalah pompa air untuk memastikan air keluar lancar. Periksa juga instalasi pipa untuk menindak karat dan lainnya. Unit pemanas water heater pun harus dikuras supaya tak akan tersumbar oleh kotoran yang mengendap. Periksa-periksa tekanan dan aliran air di dalam tangki apakah masih berfungsi baik.

Pada prinsipnya pemanas air tenaga matahari akan berfungsi lama dan prima ketika pemakaian dan pemeliharaannya benar. Dengan demikian Anda pun bisa mendapat manfaat lebih dari cahaya matahari yang sangat melimpah ini, seperti hemat listrik, dan hemat tenaga menjauhkan masak air di kompor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik disini