Mengenal Pipa Conduit

Pipa Conduit merupakan pipa yang digunakan untuk melindungi kabel – kabel dari ganguan luar, seperti interperensi, gangguan dari binatang – binatang kecil, suhu, dan sebagainya. Apabila ada benda jatuh tidak akan langsung mengenai kabel yang kemudian menyebabkan konsleting.

Pipa Conduit terbuat dari bahan PVC, dengan panjang 3 meter perbatangnya. Berbeda dengan pipa listrik C 5/8 yang memiliki diameter hanya 18mm, Conduit memiliki diameter 20 mm, sehingga lebih fleksibel digunakan.

Di pasaran, beredar berbagai macam merk pipa conduit. Merk pipa conduit yang familiar di telinga kita yaitu Lesso (tersedia grosir dan eceran di CV. Sanga Bayu Dewata)

Keuntungan menggunakan pipa conduit dibandingkan jenis pipa lain dalam instalasi listrik yaitu :

  • Ringan, dibanding pelindung kabel lainnya yang terbuat dari galvanized.
  • Mudah dipotong, hasil potongannya rapi dan bersih.
  • Mudah dibengkokkan. Pipa Conduit fleksibel untuk dibengkokkan dengan menggunakan alat hingga sangat mudah untuk menarik kawat dan konduktor, bahkan saat melalui tikungan 90°.
  • Bisa disambung dengan menggunakan fitting yang diperlukan.
  • Tahan api dan tidak mudah terbakar.
  • Tampilannya menarik, rapi dan tidak memerlukan dekorasi apa pun untuk dipadukan dengan interior lainnya.
  • Bisa dicat jika diinginkan tampil berwarna-warni.
  • Bagian dalam pipanya halus, sehingga kawat tidak rusak saat ditarik melalui pipa conduit tersebut. Permukaan bagian dalam Pipa Conduit yang halus, mengurangi gesekan ketika menarik konduktor dan kabel yang panjang di dalamnya.
  • Tahan terhadap cuaca. Baik cuaca panas maupun dingin tidak mempengaruhi kekuatan Pipa Conduit.
  • Tahan terhadap air laut, bahan kimia dan sebagainya.

Cara Pemasangan Pipa Conduit

Dalam proses pemasangan pipa conduit ada tahapan dan hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Jika pemasangan pipa conduit dilakukan di dalam dinding, maka harus dilakukan sebelum pekerjaan plesteran. Hal ini supaya permukaan dinding tidak mengalami gelombang.
  2. Jika pemasangan pipa conduit diletakan di atas plafon, maka harus dikoordinasikan dengan jalur-jalur instalasi yang lain misalkan pipa sparing yang muncul dari dalam dinding bertemu dengan pipa conduit di atas plafon. Pertemuan antara pipa sparing dengan pipa conduit tersebut harus disusun dengan doos dan diantara doos tersebut dipasang flexible conduit untuk meminimalkan risiko kerusakan atau tersulutnya bahan yang mudah terbakar.
  3. Pasang kawat pancing untuk mempermudah penarikan kabel di dalam Pipa Conduit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik disini